Rabu, 31 Maret 2010

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PEMBELAJARAN

PENGERTIAN, CIRI-CIRI PEMBELAJARAN

A. BELAJAR
I. Pengertian Belajar
1. Pengertian belajar secara popular
Dapat disimpulkan dari pengertian beberapa tokoh seperti Cronbach, Harold Spears, Mc.Geah, Whittaker dll, Belajar adalah suatu kegiatan yang dapat menghasilkan perubahan tingkah laku, baik potensial maupun actual.
Perubahan-perubahan itu berbentuk kemampuan-kemampuan baru yang dimiliki dalam waktu yang relative lama (konstan).
Perubahan tersebut terjadi karena usaha sadar yang dilakukan oleh individu yang sedang belajar.
2. Pengertian belajar menurut beberapa aliran psikologi
a. Menurut Aliran Psikologi Behavioristik (Perilaku)
• Belajar adalah perubahan tingkah laku
• Yang terpenting adalah masukan/input yang berupa stimulasi dan keluaran/output yang berupa respon.
• Penguatan (Reinforcement; positi/negate respon tetap kuat)
• Teori ini tidak mampu menjelaskan proses belajar secara komplek (misal dengan beberapa stimulasi sekaligus)
b. Menurut Aliran Psikologi Kognitif
• Belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman
• Proses belajar akan berjalan dengan baik apabila materi pelajaran yang baru beradaptasi (bersinambungan) secara klop dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki.
c. Menurut Aliran Psikologi Humanistik
• Belajar adalah memanusiakan manusia (berhasil apabila telah memahami diri sendiri dan lingkungan/aktualisasi diri).
• Memanfaatkan teknik belajar apapun asal tujuan belajar tercapai.
• Ada tiga kawasan tujuan belajar; kognitif, afektif dan psikomotor.
II. Ciri-ciri Belajar
1. Siswa sebagai pelaku yang bertindak belajar.
2. Tujuannya memperoleh hasil belajar dan pengalaman hidup.
3. Proses belajar ada di internal pada diri pebelajar.
4. Belajar bias dilakukan disembarang tempat.
5. Lama waktu belajar sepanjang hayat.
6. Syarat didalam belajar harus ada motivasi yang kuat untuk belajar.
7. Belajar dapat memecahkan suatu masalah.
8. Faedah dari belajar adalah mempertinggi martabat pribadi pebelajar.
9. Hasil belajar sebagai dampak pengajaran dan pengiring.
Tujuan belajar
1. Instruktur efeks (berupa pengetahuan dan keterampilan).
2. Nuturant efeks: hasil sampingan (berpikir kritis, kreatif, bersikap terbuka, dsb).
3. Menurut Bloom: ranah kognitif, afektif, psikomotor.
III. Unsur
IV. -unsur Dinamis dalam Belajar
1. Motivasi
2. Bahan/materi
3. Penyediaan media
4. Lingkungan yang kondusif situasional
5. Kondisi pebelajar yang nyaman, senang, tertarik, tidak bosan.

B. PEMBELAJARAN
I Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran adalah usaha sadar dan aktif dari guru terhadap siswa, agar iswa berkeinginan untuk belajar.
II Ciri-ciri Pembelajaran
1. Pelakunya adalah pembelajar/guru bersama siswa (tidak harus dilakukan oleh guru melalui media saja).
2. Tujuannya adalah mengarahkan memperoleh pengalaman (memfasilitasi perolehan hasil belajar & pengetahuan).
3. Proses pada eksternal (seting tempat, media, teknik) yang dibentuk/diarahkan pada pembelajar.
4. Seting tempat harus kondusif/dikondisikan.
5. Lama waktunya dalam alokasi waktu tertentu.
6. Syarat terjadinya suatu pembelajaran adalah harus ada komitmen dan kompetensi guru.
7. Ukuran keberhasilannya ada pada proses dan hasil pembelajarannya.
8. Faedah pembelajaran adalah mengembangkan pola-pola kegiatan belajar pembelajaran secara inovatif, contohnya: model, strategi dll.
9. Keberhasilan pembelajaran adalah dapat meningkatkan prestasi belajar.
III Tujuan Pembelajaran
1. Merupakan apa yang diinginkan guru dari siswanya pada akhir suatu pelajaran dan apa yang seharusnya siswa peroleh pada akhir suatu pelajaran.
2. Tujuan pembelajaran kongruen dan menunjang tercapainya tujuan belajar siswa.
3. Ciri-ciri tujusn pembelajaran yang baik yaitu isinya harus jelas.
4. Harus dijelaskan tentang apa yang akan dicapai.
5. Tujuan harus berhubungan dengan masalah yang diidentifikasi.
6. Adanya penegasan tentang tujuan yang hanya dicapai melalui pembelajaran.
IV Unsure-unsur Dinamis dalam Pembelajaran
1. Upaya memotivasi (media, penyajian yang menarik, bervariasi, konstektual)
2. Pengemasan materi (buku, modul, power point, OHP, dll)
3. Media pembelajaran, sarana prasarana, penyediaan sumber belajar.
4. Lingkungan pembelajaran yang konstruktif.
5. Mengupayakan kondisi pembelajaran yang conform (sehat, menarik, gaya mengajar, humoris, dll)

1 komentar: